Amisuri Lantik 54 Komisioner Panwascam Malteng

Facebook
WhatsApp

Suasana saat pelantikan

Masohi, Revisinews.com – Ketua Bawaslu Kabupaten Maluku Tengah,La Amisuri secara resmi melantik dan mengambil sumpah 54 Komisioner Panitia Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Pilkada Kabupaten Malteng.

Pelantikan dan pengambilan sumpah Komisioner Panwascam Malteng itu di pusatkan di Baileo Soekarno Malteng, Sabtu (25/5).

Ketua Bawaslu Malteng La Amisuri dalam sambutannya meminta para komisioner Panwascam itu untuk segerah melakukan eksen untuk mengawasi jalannya tahapan dan proses pemilihan kepala daerah serentak yang saat ini sudah berjalan.

“Setelah ini kawan kawan panwascam yang baru dilantik untuk langsung melakukan eksen dilapangan. Sebab saat ini tahapan Pilkada ini telah berjalan. Karenya tugas ini harus segera dilaksanakan dengan sebaik mungkin”Tandasnya.

Dia meminta para komisioner itu harus menjaga integritas dalam melaksanakan tugas di lapangan.

“Saya tegaskan saudara saudara dapat menjaga integritas dan netralitas sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku. Saya pastikan tidak akan segan segan memberikan sanksi tegas baik secara moral maupun aturan. Jangan sampai kemudian ada pengabaian soal ini. Tentu, Peraturan Bawaslu nomor 15 akan kami tegakan. Termasuk juga sanksi pidana diberlakukan apabila terdapat pelanggaran etika maupun administrasi dilangkahi”Tegasnya.

Dikatakan netralitas dan integritas panita pengawasan kecamatan adalah mutlak di patuhi oleh seluruh jajaran komisioner Panwascam.

“Perlu saya ingatkan bahwa pilkada yang berkualitas juga berada di tangan kita lembaga pengawas. Perlu kawan kawan panwas tahu bahwa tantangan pilkada dan pileg berbeda sangat jauh. Suhu politik di pilkada sangat tinggi. Jangan sampai kita salah menempatkan diri maka akan menjadi bumerang dan suda pasti akan mencederai proses demokrasi”Jelasnya.

Amisuri pun mengingatkan jajarannya di tingkat kecamatan itu untuk taat dan patut dalam mengelola anggaran dana hibah Pilkada nanti.

“Jangan coba coba mencari keuntungan dari dana hibah untuk kepentingan pribadi atau kepentingan lain di luar mekanisme. Saya perlu tegaskan,dana hibah Pilkada Malteng adalah sebesar 17.5 milyar rupiah, nantinya anggaran ini akan juga di kelola kawan kawan komisioner Panwascam. Jadi prinsip akuntabilitas itu menjadi mutlak dalam mengelola keuangan negara sebaik mungkin sesuai aturan perundangan undangan yang berlaku”Tutup Amisuri.

Pj bupati Malteng,Rakib Sahubawa yang di wakili asisten I Setda Malteng, Selfiana Mattemu mengapresiasi terselenggaranya pelantikan Komisioner Panwascam Malteng.

“Secara pribadi maupun pemerintah saya mengapresiasi terselenggaranya pelantikan Komisioner Panwascam yang akan bertugas mengawasi jalannya seluruh tahapan Pilkada di 18 Malteng nanti”Tandas Sahubawa.

Pj Bupati memberikan stressing tegas bagi para komisioner Panwascam yang baru dilantik sebagai catatan ingat dalam melaksanakan tugas dan perannya. Catatan itu antara lain, integritas, netralitas, profesionalisme serta kerja sama dengan semua elemen penyelenggaraan pemilu maupun dengan aparat keamanan TNI dan Polri.

“Jaga netralitas dan integritas, bersikap profesional, hindari semua bentuk intervensi dari pihak manapun, bertanggung jawab dan siap membangun kerja sama dengan semua stakeholder guna menjaga kualitas pemilihan kepala daerah yang akam berlangsung nanti”Tutup Sahubawa.

Hadir dalam kegiatan itu Asisten I Setda Malteng, Selfiana Mattemu, Ketua KPU Malteng, Abdulrahim Lesnussa,Dandim 1502 Masohi, Letkol Czi Yusuf Aksa, para tokoh agama dan tokoh masyarakat di kabupaten Malteng.(TIM)

BERITA TERKAIT